Pengertian Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan
- Perusahaan
Pengertian
atau definisi Perusahaan ialah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses
produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena ‘kebutuhan‘ manusia tidak
bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah ‘proses‘ di suatu
tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah ‘tempat melakukan proses‘ sampai
bisa langsung digunakan oleh manusia.
Perusahaan merupakan
kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga
disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor-faktor
produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari
badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga
yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha
dibidang usaha yang beragam.
· Perusahaan nasional :
PT TIRTA BAHAGIA
· Perusahaan
internasional: PT. SIDOMUNCUL
· Perusahaan
Multinasional : PT COCA COLA COMPANY
· Perusahaan Global : PT
UNILEVER INDONESIA
- Lingkungan Perusahaan
Keseluruhan dari
factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun
kegiatannya. Pada dasarnya
lingkungan perusahaan dibedakan menjadi:
1.
Lingkungan
Eksternal
Lingkungan eksternal
perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan. Lingkungan eksternal
perusahaan dapat dibedakan menjadi :
a.
Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan
eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh
:
·
Keadaan alam :
SDA, lingkungan.
·
Politik dan
hankam : kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan
hankam Negara dimana perusahaan berada : menciptakan.
·
Hukum
·
Perekonomian
·
Pendidikan dan
kebudayaan
·
Social dan
budaya
·
Kependudukan
·
Hubungan
internasional.
b.
Lingkungan eksternal mikro
Adalah lingkungan
eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
- Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
- Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
- Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
- Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
2.
Lingkungan Internal
Adalah factor-faktor
yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Contoh :
·
Tenaga kerja
·
Peralatan dan
mesin
·
Permodalan
(pemilik, investor, pengelolaan dana)
·
Bahan mentah,
bahan setengah jadi, pergudangan
·
System informasi
dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
Perbedaan
antara Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya
semua faktor produksi. Biasanya perushaan bersifat
komersil, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan tujuan mencari keuntungan
sebesar-besarnya. Contoh perusahaan : Perusahaan
nasional, Perusahaan internasional, Perusahaan multinasional, Perusahaan
Global,
Lembaga sosial atau dikenal
juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur
rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat
mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan
hidup. Lembaga sosial lebih bersifat sukarela, yaitu menawarkan barang dan jasa
dengan niat untuk menolong dan membantu tanpa mencari keuntungan. Biasanya
lembaga sosial menawarkan jasa. Contoh lembaga sosial : Pranata Keluarga,
Pranata Pendidikan, Pranata Ekonomi, Pranata Agama, Pranata Politik, Pranata
Hukum, Pranata Budaya
Perbedaan antara Letak dan Tempat kedudukan
Perusahaan
Ø Letak Perusahaan : tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik / pabrik
dipengaruhi oleh faktor ekonominya untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya.
Faktor yang mempengaruhi :
·
Dekat dengan
bahan baku
·
Dekat dengan
pasar
·
Dekat dengan
pemasok tenaga kerja
·
Dekat dengan
penyediaan sumber tenaga/energi
·
Iklim
·
Ongkos transport
Ø Tempat Kedudukan Perusahaan : kantor pusat perusahaan tersebut yang
dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga lainnya.
Faktor
yang mempengaruhi :
·
Tempat yang
strategis
·
Berada di tepi
jalan
·
Tempat pemasaran
yang mudah di jangkau
·
Letak perusahaan
Perbedaan antara lingkungan
eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha
- Lingkungan eksternal mikro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen. Lingkungan eksternal mikro diartikan sebagai faktor-faktor di luar rumah tangga produksi atau dunia usaha yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan dunia usaha.
Faktor-faktor yang termasuk
lingkungan eksternal mikro:
· penyediaan/pemasok(supplier) dengan adanya pemasok faktor-faktor
produksi, muncul kegiatan produksi, di samping itu pemasok juga menunjang
kelangsungan hidup dunia usaha
· perantara adalah pihak-pihak yang berperan dalam penyebaran
hasil-hasil produksi dari produsen ke tangan konsumen
· teknologi berkaitan secara langsung dengan perkembangan proses
pengelolaan yang berupa penemuan
·
pasar dalam arti luas, meskipun letaknya berada di luar kegiatan
produksi
- Lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung. Masing-masing anggota dunia usaha memiliki perbedaan dalam memberikan faktor-faktor yang secara kongkret dapat dimasukan ke dalam lingkungan eksternal makro atau mikro. Hal ini di sebabkan oleh sifat majemuk kegiatan dunia usaha. Unsur-unsur lingkungan eksternal makro dunia usaha sebagai berikut:
·
keadaan alam
·
politik dan hankam
·
hukum peraturan perundang-undangan
·
perekonomian, tingkat pendapatan
·
pendidikan dan teknologi
·
hubungan internasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar